Cara Mengirim Lamaran Melalui Email

7 Cara Mengirim Lamaran Melalui Email

Cara Mengirim Lamaran Melalui Email – Berkat internet pengiriman lamaran kerja kini menjadi lebih mudah. Dulu sangat sulit untuk melamar pekerjaan, apalagi saat hujan untuk melamar di kantor dengan membawa map amplop lamaran. Pulang basah kuyup dan tidak mendapatkan apa-apa.

Sekarang? Apa pun keadaan eksternalnya, pencari kerja hanya memerlukan CV pdf, surat lamaran, ponsel, serta akun email dan dapat mengirim lamaran. Mengirim lamaran  dapat dilakukan dalam beberapa menit melalui email dan sangat mudah.

Mengirim lamaran kerja melalui email tidak hanya cepat dan efisien, tetapi juga memiliki berbagai kelebihan lain seperti:

  •       Secara ekonomis: Anda tidak perlu membeli amplop lamaran, perangko, atau mencetak surat lainnya.
  •       Bebas biaya kirim: hanya dengan koneksi internet.
  •       Cepat: Lamaran dapat tiba dalam hitungan detik.
  •       Mudah: memudahkan perekrut untuk memeriksa kelengkapan.

Cara Mengirim Lamaran Melalui Email

Mengirim lamaran melalui email sekarang menjadi salah satu cara paling umum. Adapun cara mengirim alamaran melalui email yang benar adalah sebagai berikut.

1. Buat Daftar Riwayat Hidup

Langkah pertama yang perlu disiapkan jika ingin melamar pekerjaan adalah membuat CV. Sekarang ada banyak cara untuk membuat daftar riwayat hidup, Anda bahkan dapat membuatnya menggunakan ponsel Anda.

2. Siapkan File Lain Yang Dibutuhkan

Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu dokumen apa saja yang diperlukan untuk lamaran tersebut. Biasanya file yang diminta adalah:

  •       Daftar riwayat hidup (CV)
  •     Surat lamaran kerja
  •       Foto identitas
  •       Scan ID
  •       Scan Ijazah terbaru
  •       Scan sertifikat yang Anda miliki
  •       Scan SKCK
  •       Portofolio

Namun, ingat untuk menyesuaikan sesuai permintaan perusahaan yang akan Anda lamar.

3. Ingatlah Hal Berikut Saat Menyiapkan File

Saat melamar melalui email, ada beberapa hal yang perlu diingat:

  •       Penamaan file harus unik
  •       Lampirkan file dalam format PDF
  •       Ukuran file tidak boleh melebihi 1 MB

4. Gunakan Alamat Email Profesional

Jika Anda tidak memiliki alamat email, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Saat membuat alamat email, pastikan penamaan email secara profesional dan sesuai dengan identitas Anda. Biasanya kombinasi nama lengkap dan nomor.

3. Masukkan Alamat Email Perusahaan Dan Subjek Email

Di area penerima, masukkan alamat email HR atau kontak yang ditentukan dalam posting pekerjaan. Dalam subjek email: Jangan biarkan kosong! isi format [posisi lamaran] – [nama pemohon].

4. Salin Surat Lamaran Ke Isi Email/Pesan

Jika Anda akan mengirim email lamaran, jangan hanya mengirim resume. Kata pengantar harus dicantumkan dalam teks/isi email, yang biasanya disebut surat pengantar melalui email. Surat ini berfungsi seperti surat lamaran pada umumnya, sebagai surat pengantar kepada perekrut untuk melihat CV yang telah mereka kirimkan dan untuk memproses lamaran dari karyawan.

5. Unggah Dokumen yang Diperlukan

Klik tombol panah (berbentuk seperti penjepit kertas) dan cari dokumen yang ingin Anda lampirkan. Lampirkan file yang sudah disiapkan dalam format PDF.

6. Memeriksa dan Meninjau Ulang

Langkah terakhir adalah meninjau dan membaca kembali semua yang telah ditulis dan dilampirkan. Temukan kesalahan ketik, dokumen yang hilang, nama email penerima, dll.

7. Kirim

Jika sudah yakin, tekan tombol biru bertuliskan “Kirim”. Sekarang Anda telah mengirimkan CV dan lamaran Anda melalui email.

Mengirim lamaran melalui email itu mudah bukan?

Setelah berhasil mengikuti cara mengirim lamaran melalui email, baik dari komputer maupun handphone, maka selanjutnya Anda tingga menunggu dengan sabar dan berdoa. Semoga lamaran yang Anda kirimkan dapat lolos dan Anda akan mendapatkan undangan untuk wawancara.