cara optimasi toko online

3 Cara Optimasi Toko Online Untuk Tingkatkan Konversi

Bisnis By Okt 24, 2022

Bagaimana cara optimasi toko online agar dapat mendapatkan konversi yang baik?. Cari tahu jawabannya di ulasan saya kali ini!

Hingga hari ini, mesin pencari menjadi media bagi sebagian besar konsumen di seluruh dunia untuk mencari informasi suatu produk. Di Amerika saja, diketahui bahwa 53% dari konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi suatu produk.

Fakta inilah yang membuat Website + SEO masih menjadi salah satu marketing channel potensial untuk mendapatkan konversi lead (pembelian suatu produk dan jasa). Optimasi SEO toko online yang dilakukan dengan tepat tidak hanya dapat meningkat jumlah organic search, namun juga tingkat konversi lead nya (penjualan).

Nah, pada artikel kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai cara optimasi toko online yang masih jarang diketahui oleh praktisi SEO Indonesia hari ini. Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Table of Contents

Strategi Cara Optimasi Toko Online

Sumber gambar: AVVS

Melansir ulasan dari Maggie Tharp, Product Marketing Manager dari Rockerbox, terdapat 3 strategi SEO yang potensial untuk digunakan untuk mengoptimasi situs toko online. Adapun ketiga cara optimasi toko online yang dimaksud sebelumnya, meliputi:

1. Pikirkan Cara Melacak Impact dari Konten SEO

Salah satu kesalahan optimasi toko online saat ini adalah tidak memikirkan tentang tujuan dari konten SEO yang dibuat dan juga cara melacak impact dari konten tersebut. 

Dalam optimasi toko online, tujuan utama konten bukan hanya sekedar untuk mengedukasi audience, namun menyaring mereka menjadi customer (funnel). Untuk itulah, melakukan tracking impact dari konten SEO yang dibuat adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Impact yang dimaksud di sini sendiri adalah jumlah klik ke tombol aksi ataupun ke halaman produk tertentu. Dalam hal ini, anda harus menemukan media yang dapat digunakan untuk melacak impact dari konten SEO.

Berdasarkan pengalaman saya saat bekerja di salah satu jasa SEO specialist, terdapat cukup banyak platform yang menyediakan layanan ini. Sebut saja beberapa yang cukup terkenal seperti Rockerbox, ClickMagick, Improvely dan Google Analytics

2. Tentukan Ide Konten Berdasarkan Strategi yang Solid

Dalam praktik digital marketing, melakukan riset ide konten adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh terlewat. Namun tidak jarang orang yang merasa sangat mengetahui tentang apa yang dibutuhkan oleh audience mereka dan menentukan ide konten tanpa didasarkan strategi yang jelas.

Jika hal ini dilakukan, jangankan mendapatkan konversi penjualan (lead), konten yang dibuat kemungkinan akan sepi kunjungan (interaksi), lantaran bukan topik fresh untuk diketahui (telah banyak dibahas).

Sebagai contoh; Misalnya anda memiliki toko online produk kecantikan. Maka kemungkinan topik yang relevan dengan niche toko anda adalah;

  • Tutorial kecantikan
  • Tren kecantikan terbaru
  • Rekomendasi produk kecantikan

Ide di atas tidaklah salah. Namun pertanyaannya; apakah ide tersebut belum pernah dibahas sebelumnya?. Nyatanya, terdapat ribuan situs kecantikan perihal 3 topik di atas.

“So, You are not the only one”

Pilihan paling tepat untuk dilakukan untuk study case di atas adalah melakukan spesifikasi ide konten. Anda sebaiknya mencari ide konten anda lebih spesifik, guna menurunkan angka persaingan dan menyasar audience yang tepat.

Sebagai contoh, misalnya jika anda ingin membuat ide konten tentang “tips make up natural”. Anda dapat membuat ide tersebut lebih spesifik, misalnya menjadi “tips make up natural untuk wajah bulat, tips make up natural dan tahan lama” dan lainnya.

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan tool riset keyword tertentu untuk menemukan ide dan keyword untuk anda garap menjadi konten.

3. Jangan Hanya Melihat Vanity Metric

Cara optimasi toko online terakhir yang dijelaskan oleh Maggie Tharp adalah terkait dengan Vanity Metric. Satu dari banyak kesalahan yang dilakukan oleh para marketer hari, termasuk juga para praktisi SEO adalah terlalu berfokus pada Vanity Metric sebagai parameter keberhasilan SEO nya. 

Untuk anda yang masih asing dengan istilah ini. Vanity Metric ini adalah parameter yang dapat membuat strategi marketing terlihat memuaskan. Adapun parameter yang termasuk dalam kategori vanity metric ini sendiri adalah seperti hasil analytic yang mencolok, pageviews dan rate konversi.

Meskipun vanity metric ini juga merupakan parameter keberhasilan SEO. Namun sebaiknya, anda tidak hanya memperhatikan parameter ini. Jika anda hanya berfokus pada vanity metric ini, maka anda tidak akan dapat mengetahui seberapa besar impact konten SEO yang anda buat.

Untuk itu, selain vanity metric, cobalah juga untuk berfokus pada revenue yang didapatkan dari konten SEO.

Itulah beberapa ulasan dari saya mengenai cara optimasi toko online yang telah saya rangkum dari sumber sumber terpercaya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, terutama untuk anda yang tengah mengoptimasi sebuah toko online.

Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti blog AVVS ini, agar anda tidak melewatkan update artikel menarik lainnya dari saya. Terima kasih telah mampir dan membaca.

Author