Manfaat CCTV

7 Manfaat CCTV di Perumahan dan Perkantoran

Manfaat CCTV – Penelitian menunjukkan bahwa memasang kamera CCTV dapat meningkatkan sistem keamanan dan mencegah kejahatan pada properti. Oleh karena itu, tidak heran jika semakin banyak perusahaan real estate dan perkantoran yang memasang CCTV secara online di era modern ini. Dengan penawaran paket CCTV online yang banyak tersedia di pasaran, hal tersebut akan mempermudah pengoperasian CCTV secara berakal.

Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, Anda dapat menemukan berbagai macam kamera pintar yang dilengkapi dengan teknologi tinggi seperti Internet of Things, yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan, memantau, dan mengontrol CCTV melalui perangkat smartphone.

Apa itu Pengawasan Video atau CCTV?

CCTV (Closed Circuit Television) berarti pengawasan video. Sistem CCTV bekerja dengan menggunakan sinyal tertutup, jadi tidak seperti televisi biasa. Pada umumnya manfaat CCTV digunakan untuk meningkatkan keamanan baik di rumah maupun kantor.

Secara umum CCTV dapat diartikan sebagai perangkat kamera video digital dan digunakan untuk mengirimkan sinyal ke layar monitor. Tentu saja CCTV juga sering disebut sebagai kamera pengintai.

Pemasangan CCTV bertujuan untuk memantau kondisi dan situasi tempat tertentu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, terutama kejahatan. Bahkan, tak jarang video surveillance dijadikan sebagai bukti kejahatan yang pernah terjadi di suatu tempat.

Sistem CCTV terdiri dari beberapa perangkat yaitu:

  • Kamera
  • Perekam Video digital
  • Memantau

Manfaat CCTV untuk Keperluan Pribadi, Bisnis Real Estate dan Perkantoran

Bahkan, saat ini penggunaan CCTV semakin marak. Selain dipasang di area publik dan perkantoran, tak sedikit pula yang memasang CCTV untuk memantau kawasan pemukiman. Hal ini tentunya tidak terlepas dari manfaat penggunaan video surveillance yang terbukti efektif.

Berikut manfaat CCTV baik di area perumahan maupun perkantoran:

Tingkatkan Keamanan

Seperti diketahui, fungsi utama CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan. Dengan kata lain, manfaat CCTV untuk mencegah kejahatan dan kejahatan. Terutama bagi para pebisnis, baik itu di bidang real estate, kuliner, perkantoran dll.

CCTV dapat merekam dan menampilkan video langsung, sehingga Anda dapat memantau langsung kondisi di satu lokasi. Bahkan di area dengan sedikit atau tanpa cahaya, kamera bekerja dengan sempurna karena dilengkapi dengan inframerah.

Pemantauan Aktivitas Karyawan

Dalam dunia bisnis, closed circuit television terbukti bermanfaat dalam memantau aktivitas karyawan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memantau produktivitas karyawan dari semua area untuk menjaga stabilitas sistem di sebuah perusahaan.

Lagi pula, telah diketahui bahwa kelalaian atau kurangnya produktivitas karyawan dalam pemenuhan tugasnya berdampak pada perusahaan. Jika hal ini tidak segera ditindak lanjuti akan mengakibatkan penurunan kualitas pekerjaan.

Perlindungan Aset Perusahaan

Aset bisnis, besar atau kecil, adalah salah satu elemen terpenting untuk bisnis. Dengan aset tersebut, perusahaan dapat beroperasi secara normal. Aset terdiri dari 2 bentuk, berwujud dan tidak berwujud.

Salah satu upaya untuk melindungi aset riil seperti bangunan yang berisi barang berharga dan mobil adalah dengan menempatkan video surveillance di tempat aset tersebut berada. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika harus bepergian dalam waktu yang lama.

Bukti Kejahatan

Rekaman CCTV disimpan secara otomatis, sehingga rekaman tersebut dapat digunakan sebagai bukti ketika hal-hal negatif terjadi di area tersebut. Arsip yang terekam tentu akan mendukung proses penyidikan oleh pihak berwenang.

Oleh karena itu, manfaat CCTV dapat digunakan sebagai pengatur aset pribadi dan bisnis yang paling kuat. Karena kamera memungkinkan Anda untuk memantau semua aktivitas yang berlangsung di tempat-tempat yang telah dipasangi CCTV.

Mencegah Insiden Keamanan

Kamera CCTV dapat dipasang di daerah yang rawan kecelakaan, seperti tempat-tempat dengan resiko kebakaran yang tinggi. Jika pemasangan ditempatkan di tempat yang tepat, dapat mencegah kecelakaan dan kerusakan.

Itu karena Anda dapat melihat apa yang terjadi di seluruh lingkungan, sehingga Anda dapat mengambil tindakan segera jika terjadi kesalahan.

Evaluasi Kinerja Karyawan

Tentu bagi mereka yang bekerja di area bisnis, tidak mungkin mengevaluasi karyawan secara individu dan terjun langsung ke area tersebut. Namun, memasang CCTV memudahkan untuk menilai karyawan mana yang benar-benar produktif.

Arsip Kegiatan Usaha

Jika Anda menjalankan bisnis komersial seperti membuka penginapan, restoran, supermarket, toko retail, dll. Rekaman CCTV pada digital video recorder (DVR) dapat dijadikan sebagai arsip terbaik. Dengan cara ini, Anda dapat memutar ulang acara yang terjadi di perusahaan Anda kapan saja.

Baca Juga: 5+ Situs dan Aplikasi Download Lagu Untuk Mendengarkan Musik Secara Offline